3 Barang untuk Mudik Lebaran yang Harus Anda Siapkan Jauh-Jauh Hari

shares |

Photo by Yu Kato on Unsplash
Banyak hal yang Anda harus siapkan jika ingin mudik Lebaran. Meski jarak tempuhnya pendek, ada beberapa barang yang perlu Anda persiapkan sejak jauh-jauh hari. Jadi, bukan H-2 sebelum hari H keberangkatan saja. Sebagai informasi agar Anda tidak kelabakan saat ingin mudik, berikut beberapa contoh barang yang harus disiapkan tersebut.


1. Koper atau Ransel

Barang pertama yang harus Anda siapkan jauh-jauh hari adalah koper. Bagi Anda yang sudah menikah dan ukuran koper yang dimiliki tersebut ukurannya terlalu besar, Anda bisa menyatukannya dengan pakaian pasangan Anda. Sebelum dipakai untuk menyimpan pakaian untuk mudik, sebaiknya koper ini dibersihkan dan dilap dengan air hangat terlebih dahulu.
Jika Anda terbiasa dengan ransel besar atau tas jinjing bentuk kapsul, tidak masalah. Anda hanya perlu mencucinya jauh-jauh hari. Karena seperti koper, jika sudah lama mendekam di pojokan lemari, bisa jadi banyak debu dan kotoran yang menempel.
Apalagi wadah-wadah yang bisa menampung pakaian dan semua kebutuhan Anda selama mudik ini memang butuh waktu lama untuk bisa kering. Jadi, sebaiknya sudah dicuci 5 hari sebelum hari H mudik.


2. Tiket atau Kendaraan Mudik

Anda juga harus memesan tiket pesawat, kereta, atau pesan transportasi online sebelum mudik. Bahkan, ada tiket yang dipesan sebelum Bulan Ramadhan. Selain mudah, harganya jauh lebih murah jika dibandingkan beli tiket atau pesan kendaraan online saat mepet hari H.
Jika jarak tempuhnya hanya 2-3 jam perjalanan dan Anda memiliki mobil pribadi, kendaraan ini juga harus Anda periksakan dulu mobilnya, seperti mesin dan sebagainya ke bengkel. Kira-kira 7 hari sebelum keberangkatan Anda sudah membawanya untuk dilakukan pengecekan dan service.
Hal ini bertujuan untuk menghindari penuhnya bengkel yang biasa terjadi jika sudah mepet-mepet Lebaran dan arus mduik sedang tinggi-tingginya. Kendaraan yang akan Anda gunakan juga bisa lebih siap untuk dibawa mudik.


3. Dana Mudik

Selanjutnya, Anda juga perlu menyiapkan dana jauh hari sebelum mudik. Mudik bukanlah ajang foya-foya untuk menghabiskan banyak uang. Apalagi jika kebutuhan makan dan lainnya disediakan sepenuhnya oleh keluarga besar di kampung halaman, bisa jadi Anda tidak mengeluarkan sama sekali selama libur Lebaran tersebut.

Meski demikian, Anda tetap butuh dana untuk mudik. Untuk apa? Kebutuhan perut boleh saja ditanggung semuanya oleh keluarga. Tapi, Anda juga perlu berkontribusi dan memberi ‘hadiah’ seperti mengajak mereka liburan di destinasi wisata terdekat. Contohnya ke kolam renang, pasar malam, dan lainnya.

Selain itu, dana mudik juga dibutuhkan untuk memberi uang Lebaran pada keluarga. Baik itu adik, keponakan, dan keluarga lainnya yang usianya di bawah Anda, maupun orang tua. Selain zakat fitrah, memberi uang Lebaran pada mereka bisa menjadi jalan untuk menyedekakan sebagian rezeki yang selama setahun telah Anda peroleh.

Lantas, bagaimana jika dana yang tersedia untuk persiapan mudik Lebaran 2018 ini masih belum cukup memenuhi kebutuhan selama di sana? Jangan khawatir, Anda tidak perlu mengajak ke tempat yang harga tiket masuknya mahal. Selain itu, Anda bisa mengajukan pinajamn dana tunai dengan mudah dan cepat ke Amar Bank melalui saluran pengajuan online di  tunaiku.com.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================