6 Kesalahan yang Tidak Disadari Ibu Pada Bayi yang Baru Lahir

shares |

Image: Hellosehat.com
Melakukan yang terbaik pada si kecil dalam mengurus dan merawat dengan baik adalah kunci keberhasilan dalam membesarkan seorang anak. Hal ini dilakukan agar si buah hati dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat serta perkembangannya pun mendapat dukungan dengan optimal. Demi mencapai tujuan tersebut, orang tua harus benar-benar memperhatikan dari segi makanan, minuman, serta kebutuhan-kebutuhan lain yang memang harus terpenuhi dengan baik. Terlebih pada buah hati yang baru lahir, perkembangannya harus terus dipantau tidak boleh lengah.

Banyak para ibu yang mengatakan, gampang-gampang susah mengurus  bayi yang baru lahir. Terlebih bagi ibu yang baru melahirkan anak ke satu, tapi namanya seorang ibu bagi bayi harus telaten dan sabar merawat. Maka, perkembangan bayi baru lahir harus benar-benar diperhatikan oleh ibu dari segi apapun.

Dalam merawat bayi baru lahir ada beberapa pantangan dan larangan yang sering kali ibu berdalih bahwa yang dilakukan benar dan banyak yang melakukan. Hal-hal dibawah ini sebaiknya tidak dilakukan ibu-ibu agar tidak membahayakan kesehatan si kecil karena akan mempengaruhi perkembangannya. Berikut pantangan dan larangan yang tidak boleh dilakukan oleh orangtua dalam menjaga dan mengurus si buah hati:

1. Menjemur Bayi di Bawah Sinar Matahari Langsung

Tidak sedikit orang tua menjemur bayinya dibawah sinar matahari secara langsung, apalagi hal tersebut merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan. Ironisnya, tidak ada aturan khusus yang harus orang tua perhatikan pada saat menjemur buah hatinya, harus disadari bayi yang baru lahir masih begitu kecil dengan meletakkanya diatas meja atau digendong dan ditempatkan di bawah pancaran sinar matahari secara langsung.

Apalagi kegiatan ini seringkali dilakukan oleh orang tua yang bayinya kuning kulitnya (hiperbilirubin), mereka akan cenderung menjadikan kegiatan menjemur bayi menjadi sebuah keharusan dilakukan dengan segera, karena para orang tua khawatir kondisi kuning pada kulit bayi akan terus ada dan berlangsung lama.

Memang menjemur bayi dianjurkan, tapi pada sinar matahari pagi. Selain itu harus diperhatikan dengan seksama, yaitu lamanya; bukan berarti menjemur si bayi langsung dibawah sorotan sinar matahari yang akan membuat mereka kepanasan karena terlalu lama, 5-10 menit sudah cukup. Selain itu, jangan secara langsung, cukup cahaya matahari yang mantul atau cahaya matahari yang hangatnya diperkirakan kulit bayi mampu menerimanya. Biasanya pada pagi hari sekitar jam 6-7.

2. Memberi Air Minum dan Makanan

Pada bayi yang baru lahir, tidak diperkenankan bagi ibu-ibu memberikan minum selain ASI sebelum usia 6 bulan. Banyak para ibu yang tidak sadar bahwa itu tidak disarankan. Para ibu menganggap bahwa pemberian air putih adalah hal yang wajar dan dianggap sebagai hal yang biasa. Ingat sebelum bayi menginjak usia 6 bulan, maka ASI adalah minuman terbaik dari ibunya dan dapat lebih menyehatkan bayi dalam proses perkembangan bayi baru lahir.

Selain minum air putih, makanan selain ASI pun termasuk tidak disarankan untuk diberikan. Karena usianya yang masih begitu kecil, bayi tidak membutuhkan makanan apapun termasuk air putih kecuali ASI. Hal ini dikarenakan air putih dan makanan bukanlah gizi baginya. Selain itu, organ tubuh pada si bayi belum siap menerima asupan makanan, bahkan dari air putih sekalipun.

3. Mengenakan Sarung Tangan dan Kaki Sepanjang Hari 

Ya seringkali bayi yang baru lahir akan dikenakan di tangan dan kakinya sarung penutup. Hal tersebut dilakukan agar kuku tangan s kecil tidak menggores kulit lembutnya. Demi keselamatan dari impeksi atau luka sang ibu biasanya mengenakan sarung tangan dan kaki pada bayinya sepanjang hari. 

Penggunaan sarung tangan dan kaki pada si kecil memang diperlukan dan diperbolehkan. Tetapi, bila terus-terusan digunakan selama seharian penuh, maka tangan dan kaki si kecil akan kesulitan bergerak bebas untuk melatih kemampuan jari dan tangannya dengan baik. Selain itu, kulit lembab pun sering terjadi yang pada akhirnya biasanya terkena bintik-bintik merah karena keringat yang berlebihan. Oleh karena itu, kenakan sarungan tangan dan kaki pada bayi secukupnya tidak sepanjang hari. Cukup kenakan pada saat momen-momen tertentu saja seperti saat dingin atau saat tidur di malam hari.

4. Menggunakan Popok Terus Menerus 

Gejala ruam biasanya akan dialami pada bayi yang sering dikenakan popok dalam keadaan apapun.Gejala ruam dapat membuat bayi merasa tidak nyaman, sebab ruam tersebut terasa gatal dan perih, apalagi ketika berkeringat. Untuk itu, sebaiknya gunakan popok pada saat-saat tertentu saja, misal pada saat ada acara dan tidak terlalu lama digunakan, sering dicek dan diperhatikan.

Saat dirumah, sebaiknya gunakan popok kain yang lembut dan lebih nyaman, atau tidak usah menggunakan, itu akanmembuat bayi terasa bebas bergerak. Bila si kecil terpaksa mengenakan popok, sebaiknya setiap 4 jam sekali wajib diganti.

5. Membalurkan Minyak Penghangat 

Sebelum membalurkan sesuatu di badan si kecil, seorang ibu harus tau tipe kulitnya. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi apa saja yang boleh dan tidak boleh mengenai kulitnya, termasuk minyak penghangat. banyak sekali ibu yang asal memberikan minyak penghangat tanpa mengetahui tingkat sensifitas kulit si kecil, akibatnya alergi dan bintik-bintik kecil tak bisa diindahkan.

Perlu ibu-ibu ingat, kulit bayi baru lahir kondisinya masih sangat begitu sensitif, pemakaian minyak penghangat pada kulit bayi dikhawatirkan dapat membuat kulitnya iritasi. Untuk itu, sebaiknya para ibu-ibu disarankan untuk menunda terlebih dulu pemberikan minyak penghangat pada si kecil, tunggu sampai usiannya cukup.

6. Jangan Gunakan Bedak 

seperti yang saya jelaskan sebelumnya, kulit bayi yang baru lahir masih sangat sensitif, maka tidak diperkenankan menaburkan bedak di seluruh tubuhnya dengan sembrono. Tidak sedikit bayi yang baru lahir mengalami bintik-bintik merah (ruam) dan gatal-gatal disekujur tubuhnya atau bagian tertantu saja dikarenakan pemberian bedak. Hal tersebut dikarenakan kulit bayi masih belum siap diberikan bahan-bahan yang mengandung bahan kimia. Akibatnya membuat si kecil merasa tidak nyaman sehingga akan menjadi rewel dan juga sering menangis tentunya. 

Demikian beberapa hal-hal yang menjadi larangan sekaligus kesalahan yang orang tua tidak sadar bahwa yang dilakukannya adalah salah. Hal-hal di atas tidak boleh dilakukan pada bayi baru lahir demi menjaga keselamatan, kesehatan dan mendukung perkembangan bayi baru lahir.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================