Tips Memilih Cemilan Sehat Untuk Si Kecil

shares |


Genius, Malang. Usia balita merupakan masa dimana seorang anak sedang mengalami tumbuh dan kembang, baik dari fisik maupun otak. Sehingga pertumbuhan pada usia ini akan sangat mempengaruhi kualitas manusia kedepannya, ketika remaja dan dewasa. Oleh karena si kecil sering makan dan ngemil, maka makanan sehat atau cemilan sehat dan bergizi sangat penting diperhatikan untuk anak balita, terutama untuk pertumbuhan sel otak. Jadi perlu perhatian yang serius dari ibu bagaimana sel otak agar dapat tumbuh sempurna yang menjadi dasar kecerdasan pada anak.

Penting bagi seorang ibu untuk memilih dan memilah ketika ingin memberikan makanan yang beraneka ragam kepada si kecil, terutama pada anak sejak anak usia 6 bulan. Aneka ragam makanan tersebut terdiri dari bahan:

1. Sumber tenaga 
Bahan makanan yang banyak mengandung sumber protein dan karbohidrat akan memberikan nutrisi tegana si kecil. Seperti nasi, roti,  kentang, ubi, mie, singkong, dan tepung-tepungan. bahan-bahan tersebut diperlukan untuk menunjang aktivitas si kecil seperti berjalan, bermain, bergerak,  dan sebagainya.

2. Sumber zat pembangun
Bahan makanan yang banyak mengandung zat pembangun misalnya daging, ikan, tahu, tempe, susu, ati, ayam, dan kacang-kacangan. Zat ini diperlukan untuk membentuk berbagai jaringan tubuh baru, seperti pembentukan tulang, gigi.

3. Sumber zat pengatur
Bayi usia dini, tubuhnya memerlukan dan membutuhkan vitamin dan mineral. Vitamin yang paling utama dibutuhkan adalah vitamin A, D, E, K, B, C, dan masih banyak lagi. Adapun mineral, yaitu zat besi, kalsium, dan lainnya yang berfungsi untuk mengatur proses metabolisme dan pertumbuhan tubuh si kecil.

Yang juga penting diperhatikan ialah makanan selingan,seperti cemilan sehat yang diberikan di antara waktu makan. Cemilan sehat bisa membantu si kecil jika sulit ketika makan atau tak cukup porsi makannya. Tapi, jangan sampai berlebihan saat memberikan cemilan, karena nantinya akan mengganggu nafsu makan saat makan utamanya.

Cemilan sehat berfungsi memperkenalkan aneka jenis bahan makanan serta rasa dan melengkapi zat-zat gizi yang mungkin kurang pada saat makan pagi, siang, dan malam. Selain itu, cemilan sehat bisa mengisi kekurangan kalori karena banyaknya aktivitas si kecil dan juga dapat mengatasi anak rewel.

Dalam memilih cemilan untuk si kecil, pilihlah dengan porsi cukup yang mengandung sumber tenaga, zat pembangun, dan zat pengatur. Misalnya: daging, sayuran, siomay, mie goreng rebus dicampur udang dan sayuran, dan sebagainya.

Jika cemilan yang hanya terdiri dari sumber kalori saja seperti tepung dan gula misalnya permen, coklat, es sirup, manisan merupakan cemilan tak sehat. Sebab cemilan tersebut akan mengganggu dan merusak nafsu makan. Selain itu juga makan makanan manis sejak kecil akan berpengaruh saat dewasa terutama pada kesehatan tubuh.

Salam
Munadi Syarif

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================