Tips Memilih Mainan Untuk Perkembangan Bayi 10 Bulan

shares |

Tips memilih mainan untuk perkembangan bayi 10 bulan

Genius, Malang. Sebagai orang tua sudah sepatutnya memperhatikan tumbuh kembang putra-putrinya. Sehingga orang tua tahu betul apa yang dibutuhkan oleh mereka. Seperti pada usia 10 bulan kelahirannya.

Pada usia 10 bulan, bayi sudah semakin berkembang pada kemampuan dalam motorik halus dan motorik kasar. Pada saat-saat inilah hal yang terpenting adalah dengan memberikan stimulasi, sehingga tumbuh kembang bayi dapat optimal. Peran seperti inilah yang seringkali dilupakan oleh orang tua pada umumnya.

Stimulus atau rangsangan yang diberikan pada bayi disesuaikan dengan usianya. Ada yang melakukannya dengan memaksimalkan kemampuan anggota tubuh bayi, ada juga dengan menggunakan media/alat untuk dapat memberikan rangsangan pada anak.

Salah satu stimulasi yang tepat pada perkembangan bayi 10 bulan adalah dengan mengajaknya bermain. Karena bermain memiliki peran sangat penting yang dapat menjadikan bayi mengenal siapa dirinya, dapat mengembangan kognitif anak, mulai bersosialisasi dan belajar memecahkan masalah.

Saat bayi Anda mulai duduk, merangkak, dan berjalan, maka sebuah dunia baru terbuka yang akan mereka jalani. Pada tahanpan ini, mainan bagi bayi merupakan hal baru yang dapat mereka lakukan. Maka tugas Anda adalah mencari mainan yang interaktif dan menyenangkan untuk bayi Anda.

Ada beberapa mainan anak yang dapat membantu perkembangan fisik, kognitif, sosial dan emosional bayi Anda sekaligus menyenangkan, yaitu:

Kereta Dorong
Mainan kereta dorong memberikan bermanfaat untuk si kecil latihan berjalan. Lebih bagus lagi bukan hanya untuk didorong, tetapi mainan tersebut mempuyai tempat duduk, tetaapi pastikan dudukan mainan ini cukup mantap sehingga saat si kecil duduk bertumpu padanya mainan ini tidak mudah terguling.

Susun Balok
Latihan Susun Balok


Mainan ini dapat melatih motorik halus si bayi dengan mengenalkan warna, bentuk, tekstur, dan lain-lain. Ajarilah bayi Anda dengan menyusun balok-balok itu. Biarkan dia membuat kreasi sendiri dalam menyusunnya. Mainan Balok sudah bisa bisa Anda beli di toko mainan dengan berbagai macam kreasinya.

Pensil Warna/Krayon/Cat Air
Bayi mencoret-coret dan menggambar

Biarkan bayi mencoret-coret kertas tersebut walaupun belum berbentuk gambar yang baik. Kegiatan ini dapat membantu perkembangan motoric halus dan kasar serta memperkenalkan warna.

Drum
Buah hati menabuh drum

Mainan drum yang bisa ditabuh oleh bayi. Dari sini si kecil akan belajar menabuh-nabuh dan mendengarkan bunyi yang dihasilkan dari drum tersebut. Pastikan drumnya beragam bentuknya, sehingga bunyi yang dihasilkanpun berbeda. Selain dapat mengasah keterampilan motorik si kecil, juga dapat mengasah keterampilan music buah hati Anda.

Boneka Tangan
Mainan anak  Boneka Tangan

Pada usia 10 bulan, bayi senang mengamati dan memperhatikan sesuatu yang baru bagi dirinya, salah satunya adalah dengan menghadirkan boneka tangan. Selain digerakkan, cobalah diringi dengan cerita-cerita menarik yang dapat ia serap. Permainan ini akan membantu intuisi si kecil, belajar mendengarkan, belajar berkomunikasi.
Itulah beberapa mainan yang cocok untuk buah hati Anda di usia 10 bulan. Pastikan alat mainan di atas tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar, siseuaikan saja dengan bayi anda. Karena, pada usia ini bayi senang sekali memasukkan atau memakan segala sesuatu yang ia temui. Takutnya jika mainan terlalu kecil dapat tertelan si kecil.

Salam
Munadi Syarif

Related Posts

5 comments:

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================