Mengenal Investasi Reksadana Online serta Manfaat dan Resikonya

shares |

http://www.selagimuda.co.id/
Genius, Malang. Dunia investasi sudah semakin berkembang saat ini. Berbagai macam investasi dikembangkan sedemikian rupa. Efeknya, mengundang minat banyak masyarakat dunia, khususnya di Indonesia. Karena mengingat kebutuhan ekonomi yang semakin tidak terkendali.

Masalahnya adalah banyak investasi biasa atau ofline yang “bodong”, dan itu menjadi momok yang menakutkan bagi para investor, maka saat ini banyak investasi beralih secara online. Selain keamanan investasi terjaga dengan aman serta minim resiko, juga memudahkan para investor/pemilik modal bisa memonitoring sahamnya. Investasi online yang populer saat ini di Indonesia adalah investasi Reksadana Online.

Reksadana Online merupakan wadah dan pola dalam mengelola dana/modal bagi sekumpulan investor untuk ikut berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana yang dikelola secara online. Reksadana menjadi alternatif bagi masyarakat yang memiliki dana (modal) namun terbatas untuk diinvestasikan lewat perusahaan investasi. Kemudian perusahaan investasi reksadana membagi dana/modal terbatas ini ke dalam beberapa jenis investasi, seperti saham, deposito, atau obligasi dan tidak hanya pada satu perusahaan saja melainkan di beberapa perusahaan. Masing-masing produk reksadana mempunyai tujuan investasi yang berbeda, disesuaikan dengan jenis produk invetasinya. 

Reksadana online tidak meminta biaya apapun, tetapi ketika membeli (Selling Fee) dan ketika menjual (Redemption Fee), tetap harus dibayar (atau memotong jumlah Reksadana atau uang investor). Cut-off time pembelian dan penjualan di reksadana online sama dengan reksadana biasa atau ofline, yaitu Pukul 13.00 (rata-rata di beberapa perusahaan) dan jika lebih dari itu berarti onlinenya belum sempurna dan harus dihindari. 

Investasi Reksadana Online dapat dilakukan semudah internet Banking, tetapi Reksadana Online jauh lebih aman daripada internet Banking, karena seperti halnya internet Banking yang menggunakan username dan password, terkadang juga dilengkapi dengan token dan semuanya berhubungan langsung dengan rekening investor serta tidak ada hubungannya dengan rekening orang lain.
http://www.selagimuda.co.id/
Jika Anda berminat untuk investasi Reksadana Online, Anda harus mempunyai terlebih dahulu pengetahuan tentang investasi Reksadana Online itu sendiri. Karena investasi ini dijalankan melalui internet, maka Anda harus mengerti tips investasi reksadana online dengan tuntas di selagimuda.com. Meskipun aman, tetap saja kerugian akan selalu ada. Selain itu, Anda juga harus tau manfaat dan resiko investasi reksadana online.

Manfaat investasi Reksadana Online

  1. Mudah dan praktis. Andah hanya perlu membuka website di manapun Anda berada.
  2. Lebih murah. Investasi Reksadana Online rata-tara perusahaan dapat dimulai dari Rp 100.000.
  3. Waktu lebih efesien. Reksadana ini cocok bagi Anda yang selalu sibuk tidak sempat berinvestasi. Dengan Reksadana Online, semua transaksi ada di genggaman Anda.
  4. Pencairan cepat. Anda dapat langsung menjual reksadana dengan cepat karena melalui internet.
  5. Harga Transparan. Pada investasi Reksadana Online harga produk sangat transparan. Anda dapat melihat nilai aktiva bersih per-unit penyertaan (data NAB/UP) dengan jelas dan transparan

Resiko investasi reksadana online

  1. Bisa menyebabkan berkurangnya nilai investasi. Apabila saham/obligasi dalam portofolio online rata-rata naik, maka nilai investasi reksadana juga naik atau pemodal mendapatkan keuntungan. Namun sebaliknya bila saham/obligasi dalam portofolio online turun harganya, maka pemodal mengalami kerugian potensial.
  2. Penarikan dana pemodal terbatas. Bila investor/pemodal menarik dana secara berlebihan, sedangkan dana tersebut masih diinvestasikan dalam bentuk saham/obligasi, maka Manajer Investasi harus menjual saham/obligasi tersebut untuk dibayarkan kepada investor dan ini berpotensi menurunkan harga saham/obligasi, sehingga harga reksadana menurun.
  3. wanprestasi emiten. Perusahaan investasi terlambat atau gagal memberikan modal kepada investor yang seharusnya ia terima karena keadaan perusahaan sedang down. 

Itulah beberapa manfaat dan resiko investasi Reksadana Online yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk bergabung. Sebenarnya, investasi Reksadana Online memiliki kesamaan dengan investasi secara ofline. Perbedaannya terletak pada cara bermainnya. Investasi online lebih praktis serta memberikan banyak kemudahan dalam berinvestasi. Jadi tidak perlu lagi mengantor, cukup diakses melalui internet di device Anda. Reksadana sudah ada dalam portopolio akun Anda. 

Reksadana Online merupakan pilihan yang praktis bagi masyarakat untuk berinvestasi saham bahkan di beberapa perusahaan sekaligus namun dengan modal yang relatif kecil. Agar lebih mudah untuk bergabung, ketahui lebih dulu tips investasi reksadana online dengan baik. Sehingga nantinya akan membantu Anda berinvestasi lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Salam
Munadi Syarif

Related Posts

25 comments:

  1. mantap nih artikelnya gan :D thanks

    ReplyDelete
  2. nice gan. sangat bermanfaat. terima kasih informasinya

    ReplyDelete
  3. Saya baru belajar dikit-dikit tentang reksadana. Yang paling nyantol di kepala tuh bahwa investasi reksadana lebih tahan menghadapi inflasi daripada tabungan biasa. Heuheu... masih harus banyak belajar nih. Btw, makasih sharing-nya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahan inflasi bukan berarti tidak bisa dipengaruhi, ada beberapa memang faktor inveatasi kita turun, tipsnya sih sering update.

      Delete
  4. makasih gan, sangat bermanfaat & menambah pengetahuan

    ReplyDelete
  5. kalau saya pengen invetasi yang bagus dimana ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau masnya faham dan tau redaksana ofline atau online serta cara kerjanya, rekomen saya sih gabung aja.

      Delete
  6. bagus sekali , skrg saya sudah mengenal investasi reksadana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperdalam aja, agar mengahasilkan dan berjalan dengan baik.

      Delete
  7. investasi reksadana itu bisa investasi apa aja gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena masalah dana, jadi arahnya adalah investasi modal, obligasi, deposito, saham.

      Delete
  8. Mantap mas, bermanfaat banget buat saya

    ReplyDelete
  9. Investasi di dunia maya memang sangat menguntungkan banget gan
    nice infonya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kita harus hati-hati gan, namanya dunia maya/online bisa saja kecurangan terjadi, misal hacking/sadap/robot.

      Delete
  10. Bnyak manfaat tpi investasi rereksadana juga bnyk resikonya . Bagaimna kita mngelola ny saja mungkin .tpi btw thanks artikel ny ckup membantu

    ReplyDelete
  11. Saya khawatirnya yang penarikan modal terbatas min... makasih infonya

    ReplyDelete
  12. Mantep bener gan artikel nya :)

    ReplyDelete
  13. Informasinya lengkap min, makasih

    ReplyDelete

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================