Manfaat Makan Beralaskan Daun Pisang

shares |


Genius, Malang. Daun pisang dikenal dengan daun yang serbaguna, seperti membungkus dan menjadi alas suatu makanan, contohnya saja makan. Makan dengan beralaskan daun pisang membawa sensasi tersendiri. Bagi sebagian orang, akan terasa lebih nikmat apabila suatu makanan dibungkus dengan daun pisang. Apalagi makanan yang dimasak yang dibungkus oleh daun pisang akan memberikan aroma dan rasa yang khas.

Ada beberapa manfaat ketika kita makan beralaskan daun pisang seperti yang saya kutip di laman healtmeup, Selasa (13/11/2016) yaitu sebagai berikut:

Makanan terasa lebih enak serta beraroma
Ada aroma yang khas kita rasakan ketika makan beralaskan dengan daun pisang. Ini jelas sekali mengapa sebagian orang suka menggunakan daun pisang daripada kertas bungkus atau bungkus plastik.

Higenis
Daun pisang lebih higenis daripada pembungkus makanan lainnya. Anda tidak perlu mencuci daun pisang sebelum digunakan, cukup hanya dilap dengan menggunakan lap, daun sudah bersih dan higenis siap Anda gunakan.

Sehat
Daun pisang mempunyai kandungan pilifenol epigallocatechin gallate. Kandungan ini sama halnya dengan apa yang terkandung pada teh hijau. Kandungan tersebut merupakan jenis anti-oksidan yang berguna untuk mencegah radikal bebas. Selain itu, ada senyawa anti-bakteri di dalam daun pisang dan dapat meminimalkan bakteri jahat pada makanan Anda.



Aman
Yang pasti daun pisang tidak memiliki kandungan partikel kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Tentu tidak sama dengan plastik, kertas, atau styrofoam. Segala sesuatu yang alami, pasti aman untuk tubuh manusia.

Praktis
Bungkus daun pisang sangatlah praktis, jadi Anda tidak perlu memcucinya setelah selesai makan, cukup buang di tempat sampah. Membawanya juga tidak membutuhkan tenaga ekstra, terlebih untuk bekal piknik.

Gampang terurai
Selain memberikan dampak positif pada makanan, juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan. Daun pisang mudah terurai ketika dibuang di alam, tentu ini untuk kebersihan lingkungan. Daripada pembungkus lainnya, seperti plastik yang dapat membahayakan lingkungan karena tidak bisa terurai bersama alam.

Itulah beberapa manfaat yang kita dapat ketika kita membungkus suatu makanan dengan daun pisang atau makan beralaskan daun pisang. Kuliner Indonesia menjadi khas di mata asing salah satunya dengan berbungkus daun pisang.

Semoga bermanfaat

Salam
Munadi Syarif 


Related Posts

15 comments:

  1. Ternyata bermanfaat juga ya..tapi di kalangan masyarakat kampung2 memakai duan pisang

    ReplyDelete
  2. Waah, gak sia2 makan bareng sama temen pake dauh. selain makin enak juga tambah kebersamaan juga

    ReplyDelete
  3. saya tinggal dikampung..pastinya sering makan piringnya daun pisang...hehe dan ternyata ada manfaatnya..thanks

    ReplyDelete
  4. Bener sih rasanya jadi lebih enak kalo alasnya daun pisang.

    ReplyDelete
  5. daun pisang emang cocok dah di pake makan rame"

    ReplyDelete
  6. Daun pisang gk da matinya. Terbukti dari zaman orok sampai sekarang selalu digunain. Mulai kedai kelontong sampe restoran besar aja masih banyak yang makek daun pisang :).

    Kelebihan: makanan jadi harum, dan berbengaruh signifikan terhadap rasa makanannya. hehehe

    ReplyDelete
  7. Saya sering makan dgn alas daun pisang dulu. Tapi sekarang udah nggak lagi. Klo ada bancaan udah pake kardus kecil buat makanan.

    ReplyDelete
  8. mantap lebih baik pakek daun pisang aja dari pada piring

    ReplyDelete
  9. bagus juga nih buat nambah refensi

    ReplyDelete
  10. Dulu waktu tinggal di desa makan pakai daun pisang seneng banget rasanya, terasa nostalgia :D

    ReplyDelete

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================