Tips Untuk Backpacker Pemula

shares |


Genius, Malang. Backpacker sekarang sudah tidak asing lagi di dunia travel. Pastinya kalian sudah tau apa itu backpacker, yang pastinya adalah orang-orang melakukan jalan-jalan. Masalahnya sekarang adalah banyak yang tidak tau apa saja yang harus dipersiapkan sebelum backpacking? Persiapan yang seperti apa? Mari kita simak!

Untuk persiapan backpacking, kalian sebagai backpacker tidak usah bingung, karena sudah ada peta Indonesia yang akan membantu membuat seluruh persiapan dan perencanaan kalian sebelum backpacking. Peta Indonesia ini bukan peta biasa ya guys, peta ini menurut saya keren, karena terdapat beberapa fitur menarik yang dapat membantu kita, seperti tujuan wisata sesuai yang kalian inginkan, tempat wisata yang sedang hangat dikunjungi banyak wisatawan, rute yang direkomendasikan untuk dilalui, tempat penginapan, tempat makan, dan sebagainya. Pokoknya lengkap dan komplit.



Fitur dari peta Indonesia ini akan menunjukkan sesuai yang kalian inginkan, misalkan kalian ingin jalan-jalan ke pantai atau tempat menyelam (diving) dll, maka peta Indonesia akan menunjukkan tempat-tempatnya dan seterusnya.

Nah, sekarang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum backpacking, berikut saya sajikan tips-tipsnya. Check it out!

Membuat perencanaan

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah membuat perencanaan. Perencanaan tersebut meliputi: tujuan wisata apa yang ingin dikunjungi, berapa biaya yang dibutuhkan, transportasi apa yang akan digunakan, rute jalan mana yang akan dilalui, dan lain sebaginya. Nah, pertanyaan-pertanyaan ini bisa terjawab dengan tips saya di atas, yaitu dengan memanfaatkan peta Indonesia dengan fitur menariknya.

Mempersiapkan barang bawaan

Persiapkanlah barang-barang apa saja yang dibutuhkan selama jalan-jalan. Bawalah pakaian yang secukupnya, jangan membawa terlalu banyak, toh pasti kalian membeli pakaian di jalan.

Membawa uang dengan berbagai kombinasinya
Usahakan kalian membawa uang yang mudah untuk digunakan, seperti uang receh, koin, kartu kredit atau debit. Uang receh tersebut nantinya berguna untuk membayar hal-hal kecil, seperti biaya transportasi antar tempat, membeli minuman dan camilan dan sebagainya.

Mempersiapkan kotak P3K

Jangan lupa dengan kotak P3K, karena sangat penting ketika terjadi sesuatu di luar dugaan. Terkadang kita meremehkan hal ini, padahal 90% jalan-jalan sangat membutuhkan kotak ini sebagai penanggulangan pertama ketika terjadi sesuatu pada diri kita atau pun teman kita. Intinya adalah jangan pernah mengabaikan pentingnya membawa perlengkapan P3K, pasti ada saja yang akan menganggu perjalanan kalian. Seperti masuk angin, mabuk, diare, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Menyiapkan Kamera

Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment-moment kalian selama jalan-jalan. Sekarang rasanya hampa kalau jalan-jalan tanpa ditemani kamera, karena kenang-kenangan hanya di ingatan tidak cukup, maka butuh bukti kongkrit bahwa kita pernah ke sini dan ke sana, betul enggak? Kamera pun banyak bentuknya guys, kamera handphone, digital, DSLR, drone dan sebagainya. Semua itu disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan kita jalan-jalan.

Mempersiapkan kondisi fisik

Kondisi fisik merupakan hal terpenting yang harus diperhatikan dan dipesiapkan, tanpa pesiapan ini, yang lain tidak akan berjalan. Jadi, pastikan kondisi tubuh kalian selalu dalam keadaan prima, yaitu dengan cara menjaga pola makan, istirahat dan olahraga yang cukup.

Mencari informasi sebanyak mungkin tujuan traveling

Mengumpulkan informasi pada tujuan traveling kalian sebelum keberangkatan. Hal ini penting diketahui agar rencana awal kita berjalan sesuai yang diharapkan. Informasi tersebut banyak aspeknya, seperti informasi cuaca, tempat, lingkungan, budaya dan lain-lain. selain rencana terlaksana, kalian pun bisa cepat beradaptasi. So, jangan pernah tidak mencari tau apa-apa ya guys.

Semoga bermanfaat.

Salam
Munadi Syarif


Related Posts

2 comments:

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================