Mengenal Lebih Dini Gejala Bronkitis dan Cara Mengatasinya

shares |


Genius, Malang, Bronkitis merupakan penyakit yang menyerang bagian saluran pernafasan. Penyakit ini muncul ketika terjadi peradangan pada saluran pernafasan, yaitu pada pipa bronchial. Penyakit ini dibedakan menjadi dua tipe, yaitu bronkitis akut dan kronis.

Bronkitis akut biasanya terjadi karena pilek atau infeksi pada saluran pernafasan. Kondisi umum dari bronkitis akut biasanya batuk yang terus menerus dalam beberapa minggu, namun bisa pulih membaik tanpa menyisakan efek, tetapi kondisi ini berulang-ulang. 

Adapun pada bronkitis kronis ditandai dengan terjadinya peradangan dan batuk yang berdahak kira-kira selama 3 bulan berturut-turut dalam setahun, dan itu terjadi selama 2 tahun secara berturut-turut.

Penyakit bronkitis tidak bisa disembuhkan, namun gejalanya bisa dikurangi dan diperlambat dengan pengobatan yang intensif. Gejala bronkitis nampak terlihat pada perubahan tubuh kita dan ini bisa diatasi. Adapun gejala bronkitis diantaranya.
  1. Batuk, yaitu batuk yang tidak biasanya. Batuk ini biasanya ditandai adanya lender (berdahak). Baik yang berwarna putih, berwarna kuning kehijauan, atau bahkan tidak berwarna, tetapi terus menerus dalam jangka panjang.
  2. Sesak nafas, yaitu mengalami kondisi dimana susah sekali bernafas, apalagi setelah melakukan aktivitas fisik.
  3. Nafas pendek, yaitu kantung paru-paru tidak bisa menampung banyak oksigen, dan pada akhirnya susah sekali benafas atau sesak nafas, apalagi mengerahkan sedikit tenaga.
  4. Deman ringan dan menggigil, yaitu kondisi tubuh yang tidak stabil, bisa panas dingin, lemas, merasa gelisah, atau perasaan tidak nyaman dan sebagainya.
  5. Sakit pada tenggorokan, yaitu kondisi yang bisa disebabkan batuk yang berlebihan kemudian terjadi peradangan serius pada tenggorokan.

Nah, bagi Anda yang pernah mengalami gelaja di atas, maka disarankan untuk melakukan pencegahan terhadap berkembangnya penyakit bronkitis yang berulang-ulang. Perlu adanya langkah-langkah pasti untuk membantu menurunkan resiko penyakit bronkitis, tentunya melindungi paru-paru tetap sehat. Cara mengatasi gejala bronkitis di antaranya:
  1. Banyak minum air putih, dalam sehari minimal 6-8 gelas air putih. Cara ini akan membantu mengencerkan dahak pada saluran bronkus.
  2. Menjaga pola makan, makan makanan yang seimbang dan bergizi serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh, makanan 4 sehat 5 sempurna bisa menjadi pilihan. Kemudian harus pintar memperhatikan jenis makanan yang akan Anda makan.
  3. Istirahat yang cukup, lakukanlah aktivitas yang tidak menguras tenaga atau berlebihan. Karena tubuh yang terjangkit penyakit bronkitis ketika melakukan aktifitas sedikit berlebihan, maka tubuh akan merasa cepat lelah. Kurangi hal itu.
  4. Menjaga kebersihan, jaga kebersihan rumah Anda dan juga tubuh Anda. Gunakan sapu tangan saat batuk atau bersin. Jangan berbagi peralatan pribadi dengan orang lain, karena penyakit ini bisa menular. Cucilah tangan Anda sebelum dan sesudah melakukan sesuatu.
  5. Hindari merokok, rokok merupakan salah penyebab yang paling menonjol penyakit bronkitis. Asap roko yang dihirup dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan yang kemudian menyebabkan bronkitis. Kalau bisa berhenti merokok.
  6. Gunakan masker saat keluar rumah, tujuannya adalah mencegah polusi udara, seperti debu dan serbuk sari memasuki saluran pernafasan, pulusi udara inilah menyebabkan penyakit bronkitis mudah berkembang.
  7. Olahraga yang cukup, tidak bisa dipungkiri, olahraga mempunyai peran yang sangat besar terhadap kesehatan tubuh Anda. Biasanya tips ini yang seringkali diabaikan, karena malas atau tidak mempunyai waktu dan lain sebagainya, maka ini akan sangat berbahaya, penyakit bronkitis Anda akan semakin berkembang.
  8. Konsultasi ke dokter ahli, konsultasikan penyakit Anda ke dokter ahli secara intensif, karena obat-obatan yang dianjurkan dokter akan mencegah penyakit bronkitis berkembang.

Ketika gejala-gejala bronkitis Nampak terlihat dalam tubuh Anda, segeralah melakukan langkah-langkah pencegahan seperti yang telah saya jelaskan di atas. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Semoga bermanfaat.

Salam
Munadi Syarif

Related Posts

1 comments

  1. mantap gan jangan lupa kunjungi method amazon terbaru 2016

    ReplyDelete

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================