Mengenal 6 Ciri-ciri Terkena Penyakit Jantung

shares |


Genius, Malang. Jantung merupakan organ vital tubuh yang harus terjaga kesehatannya. Karena, saat ini penyakit jantung masih menempati peringkat atas penyebab kematian di Indonesia bahkan dunia. Titik permasalahannya adalah kurangnya perhatian terhadap kesehatan jantung kita. Oleh karena itu, perlu pemeriksaan secara rutin dilakukan, baik secara medis maupun dengan control diri sendiri.

Secara medis, cek kesehatan jantung bisa dilakukan dengan cara test treadmill, Holter Monitoring, Echocardiogram/ USG Jantung, Elektrokardiogram (ECG/EKG), Computed tomography (CT) scan, dan Tes Stres. Tentu memeriksa dengan cara tes medis membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Apabila anda tidak mempunyai banyak biaya, dengan cara memeriksa kesehatan jantung sendiri bisa anda lakukan setiap saat. Yaitu mengetahui keadaan jantung dengan melihat gejala-gejala yang tampak pada tubuh anda. Untuk caranya bisa anda ketahui pada link yang saya berikan di atas tadi. Link tersebut adalah link www.pasarpolis.com yang merupakan portal online yang pertama di Indonesia yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi untuk menyediakan opsi-opsi perlindungan untuk kesehatan, kendaraan, properti, kecelakaan diri, jiwa dan perjalanan.

Kali ini saya ingin berbagi mengenai ciri-ciri terkena penyakit jantung. Keuntungannya adalah mengetahui lebih dini apa saja gejala awal yang timbul ketika jantung bermasalah, sehingga penanganannya lebih cepat tertangani. Lain halnya dengan acuh tak acuh terhadap kesehatan jantung, biasanya terlambat pula untuk bisa ditangani. Maka, kita harus mengetahui gejala-gejala awal apa saja saja yang termasuk ciri-ciri bahwa anda terkena penyakit jantung. Chek it out!

Rasa Nyeri di Dada

Rasa nyeri pada dada tidak hanya termasuk tanda terkena penyakit jantung, bisa jadi terkena penyakit lainnya. Tetapi apabila terasa sakit yang berlebihan, bisa dikarenakan otot dan jantung tidak mendapatkan pasokan darah dan oksigen yang cukup, sehingga jantung terasa nyeri atau terasa seperti diremas-remas jantungnya. Apabila terjadi seperti ini, segera periksa lebih lanjut.

Mengeluarkan Keringat Tanpa Sebab

Tanda kedua adalah tubuh mengeluarkan banyak keringat, padahal anda tidak sedang melakukan kegiatan apa pun, termasuk area telapak tangan yang sering mengeluarkan keringat. Biasanya gejala ini bermasalah pada paru-paru, tetapi tidak hanya pada paru-paru saja, namun bisa jadi gejala penyakit jantung sedang menyerang anda, karena keduanya saling berhubungan.

Jantung Berdebar-debar/Berdetak Berlebihan

Bukan sering bedebar-debar karna ada si Doi ya, tapi sering berdebar tanpa ada sebab dan secara berlebihan. Bisa dikarenakan asupan darah dan oksigen kurang, sehingga kerja jantung meningkat. Tanda seperti ini bisa menyebabkan gejala awal penyakit jantung. Segera periksa kedokter ya, jangan ke si Doi. He

Tubuh Sering Merasa Lelah Tanpa Sebab

Biasanya lelah atau capek dirasakan tubuh pada saat setelah kita melakukan suatu aktivitas berat maupun ringan. Tetapi apabila anda sering merasa lelah, padahal tidak beraktivitas berat atau ringan sekalipun, berarti ada problem pada jantung anda, atau sering merasa lelah/capek setiap kali bangun tidur. Keduanya bisa menjadi indikasi bahwa anda terkena penyakit jantung. Maka segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli.

Sakit Kepala Yang Berlebihan

Gejala awal biasanya yang ringan-ringan, tetapi apabila berlangsung lama seperti sakit kepala secara terus-menerus, bisa dikatakan ciri-ciri seseorang terkena penyakit jantung. gejala ini bisa disebabkan asupan oksigen dan darah ke area kepala kurang. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology menyebutkan bahwa apabila seseorang merasakan sakit pada kepala ketika terkena tuturan sinar matahari, yang menjadikan denyut jantung menjadi lebih lambat atau lebih kencang, keadaan seperti ini biasanya bermasalah pada jantungnya. Jika terjadi hal seperti ini jangan anggap remeh, segeralah berkonsultasi dengan dokter ahli.

Sesak Napas

Selain merupakan gejala penyakit asma, ternyata sesak nafas pun menjadi tanda terkena penyakit jantung. Mengapa? Karena sesak nafas merupakan gejala adanya penebalan pada pembuluh darah yang menyebabkan jalur dan pasokan darah terganggu. Tentu keadaan seperti ini menyababkan denyut jantung tidak teratur dan bisa mendatangkan berbagai macam penyakit, seperti infeksi pada hati, kalainan katup jantung dan penebalan otot jantung. Apabila anda merasakan sesak nafas yang tidak wajar, segeralah diperiksa ke dokter ahlinya.

Mari kita menjaga jantung kita masing-masing untuk tetap sehat, yaitu salah satunya bisa dengan cara menjaga pola makan dan istirahat serta olahraga yang cukup, tidak berlebihan. Kita perlu melakukan penanggulangan sejak dini, seperti mengetahui ciri-ciri terkena penyakit jantung di atas, agar kita bisa menjalani hidup ini menjadi lebih baik dan tentunya sehat selalu. Untuk mengetahui jantung anda sehat atau tidak, anda bisa mengetahuinya dengan cara memeriksa kesehatan jantung sendiri setiap hari.

Semoga bermanfaat.


Salam
Munadi Syarif

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================