Memulai Usaha Bisnis Franchise Untuk Pemula

shares |


Genius, Malang. Dunia usaha pada saat ini telah mengalami peningkatan. Berbagai inovasi dilakukan demi menarik perhatian pelanggan dan mencari keuntungan lebih banyak, prioritas seperti ini semakin digeluti oleh banyak orang. Terlebih lagi hanya dengan modal yang kecil, tetapi bisa mendatangkan keuntungan yang berlipat.

Usaha dengan modal kecil tetapi mendatangkan keuntungan besar setiap bulannya semakin diminati oleh masyarakat mulai dari kalangan atas maupun kalangan menengah ke bawah. Seperti usaha bisnis Franchise atau waralaba Alfamart dan bisa kalian temukan di informasi tentang Alfamart. Bisnis seperti ini makin diminati oleh masyarakat khususnya masyarakat Indonesia, karena bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan hanya dengan modal yang tidak terlalu besar.


Bisnis Franchise merupakan sebuah cara bagaimana mengembangkan usaha. Tentu ada banyak sekali cara untuk mengembangkan suatu usaha. Misalnya dengan sistem BO (business opportunity), membuat lisensi sendiri, membuka cabang sendiri, dan lain sebagainya. Tentu masing-masing cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Saat ini, di Indonesia sudah banyak sekali jenis bisnis Franchise dengan berbagai macam usaha yang ditawarkan dan sudah banyak sekali masyarakat Indonesia menjalankan usaha ini. Karena usaha bisnis Franchise ini bisa dijalankan oleh siapa saja dan kapan saja bahkan oleh pemula sekalipun, juga bisa dijadikan usaha sampingan maupun sebagai bisnis utama yang menghasilkan keuntungan.

Bisnis Franchise tidak lepas dari persaingan, karena pada saat ini masyarakat Indonesia sudah mengetahui keuntungan yang didapatkan begitu menggiurkan dari bisnis ini. Maka ada baiknya sebagai pemula dalam memulai bisnis Franchise harus memperhatikan beberapa hal atau aspek yang nantinya akan berpengaruh kepada jalannya bisnis yang digeluti. Beberapa hal tersebut adalah:

Niat
Pertama-tama harus beniat terlebih dahulu bukan berapa modal yang harus dikeluarkan. Karena niat merupakan langkah awal dari segala sesuatu, dalam berbisnis sekalipun. Dalam berbisnis diperlukan niat yang kuat dan bulat, tidak setengah-setengah.

Tujuan melakukan usaha
Hal kedua yang diperhatikan adalah tujuan usaha. Ini adalah hal paling mendasar menjalankan bisnis Franchise di samping niat. Apa yang ingin dicapai dari bisnis yang akan dijalani nanti. Tujuan ini sangat penting dirumuskan karena akan menentukan jalannya bisnis dan umur bisnis. Bisa jadi kalau menjalankan bisnis hanya bermodal niat saja, di tengah jalan bisa bosan atau bahkan berhenti begitu saja.

Modal

Setelah niat dan tujuan terpenuhi, selanjutnya adalah memperhatikan modal. Ada modal yang diberikan oleh pemilik waralaba, kita hanya menjalankan saja, tetapi bisa juga dengan modal sendiri. Saya sarankan memakai modal sendiri, karena kelebihan dengan modal sendiri mempunyai nilai tingkat keseriusan dalam menjalakan usaha.

Lokasi

Langkah selanjutnya adalah mencari lokasi yang strategis. Lokasi harus benar-benar startegis, karena akan memudahkan promosi bisnis Franchese anda. Strategis di sini adalah mudah dijangkau oleh pelanggan atau berada di tempat biasa orang berlalu lalang. Menentukan lokasi akan berpengaruh kepada tingkat penjualan, mungkin dalam sehari, sebulan, setahun, dan seterusnya. Selain itu, ikutlah marketplace guna mendukung promosi anda lebih luas, seperti bukalapak atau tokopedia dan lain sebagainya.

Jenis Usaha

Mengenali minat bakat diri sendiri sangat penting untuk menentukan jenis usaha yang nantinya akan dipasarkan. Apakah dibidang kuliner, ritel, pendidikan, laundry, spa, atau yang lainnya dengan disesuaikan minat serta bakat yang kita miliki. Jenis usaha tentunya juga harus seimbang dengan modal yang kita punya.

Kenali lebih dalam bisnis Franchese

Pilihlah jenis bisnis Franchese yang mudah dijalankan serta tidak banyak menyita banyak waktu dan juga pikiran. Apalagi sebagai pemula, pilihlah jenis usaha yang mudah terlebih dahulu baru setelah itu menjalankan yang rumit.

Selain itu, pilihlah jenis Francheses dengan harga terjangkau sesuai modal yang dipersiapkan. Karena biasanya jenis Francheses yang harganya terjangkau identik dengan resiko yang ringan dan terkontrol. kemudian harga produk yang dijual pun harus terjangkau disesuaikan dengan tingkat ekonomi masyarakat berdasarkan survey lokasi sebelumnya.

Sebenarnya banyak sekali yang harus dipersiapkan bagi pemula untuk memulai usaha bisnis Franchese ini, setidaknya beberapa hal di atas bisa mewakili yang lainnya. kalau masih bingung, silahkan cari di informasi tantang alfamart pada bagian bisnis warabala. Selamat berbisnis.

Semoga bermanfaat.

Salam
Munadi Syarif


Related Posts

1 comments

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================