Cara Memperbaiki Aplikasi Google Play Store Sering Bermasalah

shares |


Genius, Malang. Aplikasi Play Store merupakan aplikasi bawaan wajib bagi smartphone OS Android. Keberadaan aplikasi Play Store  ini menjadi sangat penting dan kegunaannya yang beragam, dimulai untuk  untuk jajan online seperti dari Telkomsel, download aplikasi game, mendapatkan aplikasi-aplikasi lain yang kita butuhkan,  ataupun sebagai sarana melakukan update aplikasi.



Namun tidak jarang aplikasi ini mengalami masalah, seperti berhenti secara mendadak (force close), tidak bisa mengunduh, sering kali gagal mengunduh, stuck, bahkan sampai tidak bisa dibuka.
Apabila masalah-masalah di atas pernah atau sedang anda keluhkan, ada baiknya kalian menyimak dan mengikuti cara-cara di bawah ini untuk memperbaiki masalah kalian saat ini. Namun perlu kalian ketahui, di bawah ini hanya tips dan trik, artinya bisa saja cara-cara di bawah ini tidak berjalan sesuai harapan, karena tidak ada petunjuk yang pasti untuk memperbaiki masalah di Google Play Store. Check it out!

Restart Smartphone
Sebelum mengambil cara lain, coba restart terlebih dahulu smartphone kalian, barangkali aplikasi Play Storenya bisa berfungsi setelah kalian restart. Cara ini merupakan cara yang termudah dan sering dilakukan ketika device kita bermasalah/eror. Cara ini sering berhasil.

Tutup Paksa Aplikasi Play Store
Cara termudah kedua selain merestart smartphone adalah dengan menutup paksa aplikasi Google Play Store. Caranya kalian bisa masuk ke menu setting -> App klik bagian All dan cari aplikasi Google Play Store, pilih Force stop. Done. Biasanya dengan cara ini beberapa smartphone  berhasil. Bagaimana dengan Smartphone kamu? Apabila masih tidak bisa, lanjutkan ke trik selanjutnya.

Hapus Cache dan Data
Apabila langkah di atas tidak berhasil, coba lakukan langkah ini, yaitu dengan menghapus Cache dan data. Biasanya cara ini berhasil dan bisa menjalankan kembali aplikasi Play Store.

Untuk menghapus cache, kalian bisa masuk ke menu setting > App klik bagian All dan cari aplikasi Google Play Store, kemudian tekan tombol Clear Cache dan Clear Data.
Selanjutnya cari aplikasi Google Play Service > Clear Cache. Done. Coba Buka aplikasi Play Store. Apabila masih tidak berhasil, coba tips dan trik selanjutnya.

Terdapat Aplikasi yang Mengganggu
Apabila cara di atas belum berhasil, mungkin ada aplikasi yang tidak bekerja sebagai mana biasanya, seperti terblokir ataupun sebaliknya, yaitu terdapat aplikasi yang mengahalangi kinerja Google Play Store.

Untuk mengetahuinya, masuk ke menu setting > App > All. Lalu cari aplikasi yang dalam keadaan disable, apabila aplikasi ini seharusnya berjalan, maka kalian bisa aktifkan kembali. Selanjutnya cari aplikasi yang sekiranya dirasa menggagu keberadaannya dan dalam posisi aktif, silahkan disable saja.

Uninstal Update Aplikasi Google Play Store
Ketika beberapa cara di atas belum membuahkan hasil, maka cara selanjutnya adalah dengan mencopot atau uninstall Update aplikasi Google Play Store. uninstall Update di sini adalah menghapus pembaharuannya dan membawanya kembali ke versi lama.

Untuk caranya, kalian masuk ke menu setting > App > pilih Google Play Store > pilih opsi uninstall update. Setelah selesai, silahkan restart smartphone kalian, secara otomatis aplikasi Google Play Store terinstal kembali dengan versi lamanya.

Itulah beberapa cara untuk memperbaiki aplikasi Google Play Store sering bermasalah yang bisa kalian lakukan, tapi jika masih belum bisa dengan cara-cara di atas, saya rekomendasikan untuk dibawa ke Service Center agar ditindak lebih lanjut. Karena, tidak bisa dipungkiri aplikasi ini sangat kita butuhkan untuk mendownload aplikasi-aplikasi penting lainnya.

Semoga bermanfaat.

Salam
Munadi Syarif

Related Posts

2 comments:

  1. Sangat membantu mas..
    Jangan lupa juga berkunjung ke blog saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap gan terima kasih sudah berkunjung. :-bd :-d

      Delete

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================