Ingin Tau Manfaat Telur Bagi Kesehatan? Cari Tau di Sini

shares |


Genius, Malang. telur merupakan makanan hewani yang banyak keunggulannya salah satunya adalah  mengandung gizi yang sempurna. Namun kadar kolestrol yang tinggi pada kuning telur membuat sebagian orang pobi pada telur, khususnya pada orang yang mengindap penyakit kolestrol yang berlebihan.

Perlu kita ketahui dalam 1 telur berukuran sedang mengandung 186 mg kolestrol. Asupan kolestrol yang aman tidak lebih dari 300 mg/hari. Bagi para penderita kolestrol yang berlebihan atau bisa disebut hipperkolestrolemia asupan sebutir telur sehari akan menyebabkan kadar kolestrol meningkat, karena penderita tersebut tidak boleh mengonsumsi dengan kadar kolestrol lebih dari 200 mg/hari.

Apa saja sih zat gizi yang dikandung oleh telur?

Tim Harvard School of Public Health dalam penelitiannya menemukan adanya sejumlah zat gizi yang terkandung dalam telur, yaitu antara lain vitamin B1, zat antioksidan, dan asam folat. Kandungan B1 bersifat menyeimbangkan naiknya kadar kolestrol darah, dari 5 gram kandungan total lemaknya, separuh lebih merupakan asam lemak yang tidak jenuh dengan ikatan rangkap tunggal. Dimana lemak tak jenuh tunggal menyokong kadar kolestrol baik yang bersifat arterisklerosis, yakni dapat membantu mencegah pembuluh darah agar tetap lancar dan bersahabat dengan jantung.

Apa saja manfaat telur bagi kesehatan?

- Sumber Protein
Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, yaitu untuk memperbaiki serta menyempurnakan organ tubuh. Telur mengandung 9 zat penting dan asam amino yang dapat meningkatkan kadar protein dalam darah.

- Baik Bagi Kesehatan Mata
Telur memiliki antioksidan, seperti karotenoid, lutein, dan zeaxanthin yang baik untuk mata kita, yaitu menjadikan mata kita tetap sehat.

- Mencegah Kerusakan Mata
Kombinasi vitamin E dan selenium akan berperan sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sel tubuh akibat radikal bebas.

-Baik Untuk Diet
Bagi anda yang sedang diet, telur salah satu makanan yang dapat membantu usaha anda. Karena telur hanya mengandung 71 kalori. Jumlah tersebut cukup baik bagi anda yang menjalankan diet.

-Meningkatkan Perkembangan Otak
Para ahli dari University of North California, Amerika Serikat, menemukan zat kolina, yaitu sejenis nutrisi yang dapat membantu perkembangan otak dan membina sel-sel otak pada manusia. Asupan kolina pada ibu hamil sebaiknya 500 mg/hari, wanita dewasa sebesar 425 mg/hari dan ibu hamil sebesar 450 gm/hari.

Itulah beberapa manfaat yang terkandung dalam telur. Tetapi harus berhati-hati bagi orang yang menderita hipperkolestrolemia, sebaiknya mengkonsultasikan dengan dokter ahlinya. Mengonsumsi telur tidak boleh berlebihan, karena kita tau sesuatu yang berlebihan tidaklah baik bagi kita.

Semoga bermanfaat.


Baca juga: Ingin Berhenti Merokok? Coba Dengan Cara Ini!

Related Posts

1 comments

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================