Ingin Berhenti Merokok? Coba Dengan Cara Ini!

shares |


Genius, Malang. Anda perokok? Ingin berhenti? Tetapi tidak tau apa yang harus dilakukan atau  menghadapi banyak sekali kesulitan untuk merealisasikannya. Tenang, saya punya solusinya. Tetapi dengan syarat anda mau melakukan tips-tips yang saya berikan, jika tidak maka hasilnya akan gagal alias sia-sia belaka.

Apabila kita sadar, merokok merupakan kegiatan yang sia-sia. Mengapa sia-sia, karena banyak sekali yang dikorbankan. Contohnya waktu, uang, kesehatan, masa depan dan lain-lain. Menggunakan waktu dengan melakukan hal yang sia-sia termasuk orang yang merugi. Menguras kantong dengan membeli untuk disia-siakan (dibakar) termasuk kedalam kategori pemborosan. Membunuh diri sendiri secara perlahan-lahan termasuk kategori orang yang bodoh.

Maka keputusan yang cerdas adalah memilih berhenti dari kebiasaan buruk itu. Yakinkan diri anda bahwa kebisaan tersebut adalah sia-sia dan tidak ada gunanya. Menggantikannya dengan kebiasaan yang baik dan positif merupakan keputusan yang tepat diambil.

Bila anda perokok berat, maka akan susah bagi anda untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Tatapi tidak ada salahnya bagi anda berusaha untuk meninggalkan kebiasaan burut tersebut. Di bawah ini saya menyajikan beberapa tips yang bisa membantu anda menyelesaikan masalah di atas, yaitu:  

- Bulatkan tekad anda
Segala sesuatu berawal dari niat. Meninggalkan kebiasan merokok pun harus dengan niat, yaitu niat kuat. Apabila tidak, maka kebiasaan merokok akan terulang kembali. Tekad yang sungguh-sungguh meninggalkan kebiasaan merokok akan menjadi senjata ampuh untuk keberhasilan niat baik anda. Luruskan tekad demi menjaga kesehatan di masa yang akan datang.

- Sadari resiko yang mengancam kesehatan anda
Kita sudah mengenal apa saja dampak atau akibat buruk dari kebiasaan merokok, bahkan pada bungkus rokok pun telah tertera informasi bahaya rokok. Anda harus sadar, bahaya merokok tidak hanya berisiko pada diri anda sendiri (perokok aktif), tetapi orang di sekitar ada (perokok pasif) pun akan ikut terkena dampak buruk asap rokok . Penelitian menjelaskan bahwa perokok pasif dampak buruknyanya lebih besar ketimbang perokok aktif. Jadi jika anda sekarang juga berhenti merokok, berarti anda juga telah menyelamatkan banyak orang, terutama orang-orang terdekad anda. Toh kita tidak menginginkan orang yang kita sayangi jatuh sakit, Jangan sakiti diri anda dengan racun yang anda sendiri tuangkan, karena akan menyesal pada akhirnya.


- Hitung penghematan ketika berhenti merokok
Jika anda seorang perokok berat, maka semakin besar pula dana yang harus dikeluarkan. Ketika anda berhenti, maka dana tersebut bisa anda gunakan kepada hal-hal yang lebih berguna dan bermanfaat, baik pada diri anda pribadi maupun orang lain atau keluarga kita, anak-anak kita, cucu-cucu kita dan lain sebagainya. Tabunglah atau simpanlah dana yang biasa anda gunakan untuk membeli rokok, dari sini anda akan tau besar dana yang digunakan untuk merokok dalam sehari, seminggu, sebulan, atau setahun. Cobalah gunakan uang dengan sebaik-baiknya, membeli barang yang bermanfaat ketimbang membeli rokok yang pada akhirnya dibakar juga. Sia-sia kan?

- Berkumpulah dengan orang yang tidak merokok atau telah berhenti merokok
Seperti pepatah mengatakan, duduk dengan orang pintar akan menular pintarnya. Begitupun sebaliknya, duduk dengan orang bodoh akan tertular bodoh. Perokok pun begitu, jika anda ingin atau telah berhenti merokok, maka usahakan jangan berkumpul lagi dengan orang-orang yang merokok. Selain akan ditawari dikhawatirkan kecanduan anda akan kambuh kembali. Ini yang menjadi penyebab niat anda berhenti merokok tidak pernah berhasil.


- Makan makanan begizi secara teratur
Dengan membiasakan makan makanan yang bergizi, akan mengurangi tingkat kecanduan anda terhadap rokok. Karena sebenarnya racun-racun rokoklah yang mengontaminasi gizi makanan menjadi buruk, sehingga makanan tersebut tidak ada gunanya bagi tubuh. Racun racun rokok bersifat adiktif, yaitu dampaknya tidak langsung, akan tetapi dengan perlahan-lahan. Mungkin sekarang sehat-sehat saja, tetapi tunggu 3-5 tahun akan terlihat dampak buruk merokok. Maka, berhentilah sekarang juga.

·         Rutin berolahraga
Terbukti bahwa olahraga dapat membantu anda dalam proses berhenti merokok. Sedikit demi sedikit akan hilang dengan sendirinya. Disamping itu, perbanyaklah melakukan kegiatan-kagiatan positif yang biasa anda lakukan tanpa melibatkan rokok, atau di tempat-tempat yang bebas dari asap rokok.

Related Posts

1 comments

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================