Duo, Aplikasi Video Call Simple, Ringan, dan Stabil dari Google

shares |

Genius, Malang Sebelumnya saya sudah memperkenalkan kepada kalian Google Allo, sebuah aplikasi pesan singkat dari Google, kali ini saya ingin memperkenalkan kepada kalian produk Google juga, yaitu Google Duo.

Apa itu Google Duo?

Google Duo adalah sebuah aplikasi video call, panggilan telepon yang menampilakan video, yang dikembangkan oleh Google. Google telah meluncurkan aplikasi ini untuk platform android dan iOS. Aplikasi ini akan mempermudah kalian dalam melakukan video call bersama teman-teman kalian.

Goole Duo dikembangkan berdasarkan teknologi web real-time communication (WebRTC) dan bekerja melalui jaringan seluler. Aplikasi ini menawarkan fitur video call yang ringan dan stabil. Aplikasi ini tentunya cocok digunakan di Indonesia dengan notabene koneksi jaringan lambat dan tidak stabil. Karena Google sendiri merancang aplikasi Duo ini untuk mempermudah pengguna dalam melakukan video call walaupun dalam koneksi jaringan yang lambat.


Justin Uberti, Principal Sofware Engineer Google, menyatakan bahwa kualitas panggilan Duo akan mengikuti jaringan yang berubah-ubah secara otomatis. Pada saat Bandwidth terbatas, Google Duo akan mengurangi resolusi gambar secara otomatis agar panggilan tetap lancar. Duo juga akan mengalihkan jaringan Wifi menuju jaringan seluler atau sebaliknya pada saat salah satu jaringan tersebut mengalami Bandwidth rendah. Itulah yang menjadi kelebihan sekaligus pembeda dari aplikasi video call lainnya.

Kelebihan lainnya adalah fitur Knock-Knock, yaitu preview video yang membantu kalian melihat siapa dan sedang apa si penelepon sebelum kalian memutuskan untuk menerima atau membatalkan panggilan. seperti ini misalnya:

Oh iya, fitur knock-knock ini hanya akan muncul apabila si penelepon ada dalam daftar kontak kalian. Pada platform android, fitur ini bisa bekerja dan muncul walaupun layar hanphone dalam posisi lock screen, sedangkan pada platform iPhone, fitur ini belum tersedia.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kalian hanya diminta mendaftarkan nomor telepon kalian. Google Duo tidak membutuhkan akun Google atau akun terpisah tetapi hanya nomor telepon. Daftarkan nomor telepon kalian, setelah itu Google Duo meminta kalian memverifikasi code yang dikirim Google melalui SMS.


Aplikasi ini sudah bisa kalian unduh di Playstore maupun di store milik iOS dengan cuma-cuma alias gartis. Tunggu apalagi?




Sumber:
Google Duo
GSM Arena
Kompas Tekno

Related Posts

0 comments:

Post a Comment

===============================| Rules Comment |==========================

[+] Tidak boleh berkomentar yang berbau Porn/Spam/Sara/menjatuhkan.
[+] Komentar yang beranonim tidak kami respon.
[+] Tidak Boleh ribut/bertengkar dalam berkomentar.
[+] Tidak boleh menaruh link hidup.

NB : Jika Melanggar, akan saya hapus komentar Anda.
Sekian, Terima Kasih*

=======================================================================